ranah tiga warna – ahmad fuadi

Standar
ranah tiga warna – ahmad fuadi

Novel ini merupakan lanjutan dari novel trilogi karya A. Fuadi berjudul Negeri 5 Menara.Melalui buku kedua dari trilogi tersebut, kali ini A. Fuadi menuliskan kisah inspiratifnya yangberjudul Ranah 3 Warna. Kali ini Alif bercerita tentang kisahnya setelah menempuhpendidikannya di Pondok Madani, Ponorogo. Setelah pulang kampung ke kampungnya yangdekat dengan danau Maninjau, Alif memutuskan untuk pergi menempuh pendidikan S1-nya diBandung, Jawa Barat. Namun sahabat karibnya, Randai meragukan Alif dapat lulus UNMPTN.Lalu dia sadar satu hal penting yang dia tidak miliki yaitu ijazah SMA. Bagaimana mungkinmengejar semua cita-cita tinggi tanpa ijazah?

Terinspirasi semangat tim dinamit Denmark, dia mendobrak rintangan-rintangan beratyang menghalangi jalannya. Baru saja tersenyum, badai lain telah menghempaskannya silihberganti tanpa ampun. Alif letih dengan keadaan ini, Alif pun bertanya-tanya : Sampai kapanaku harus teguh bersabar menghadapi segala cobaan hidup ini? Hampir saja dia putus asa.Rupannya mantraman jadda wa jadda saja tidak cukup sakti untuk memenangkanhidup. Alif teringat mantra kedua yang diajarkan oleh Kyai Rais selama di PM : man shabarazhafira.
Siapa yang bersabar akan beruntung. Berbekalkedua mantra tersebut dia songsongbadai hidup yang menerpanya satu per satu.
Dapatkah Alif memenangkan semua impiannya?Ke mana nasib akan membawa Alif? Apa saja Ranah 3 Warna itu? Siapakah Raisa?Bagaimana kisah persaingannya dengan Randai? Bagaimana kabar para sahabatnya di PM, yaitupara Sahibul Menara? Kenapa sampai muncul Obelix, Orang Indian, Michael Jordan, danKesatria Berpantun? Dan apa hadiah tuhan untuk kebaran yang kukuh?Ranah 3 Warna merupakan hikayat tentang bagaimana impian tetap wajib dibela habis-habisan walau hidup digelung nestapa tak berkesudahan. Tuhan sungguh bersama orang yangsabar.Dalam novel ini Ahmad Fuadi menampilkan kehidupan ala mahasiswa dari keluarga yangberasal dari kampung dan berkehidupan pas-pasan. Mulai dari kekurangan uang, kekuranganmakanan, dan jauh dari orang tua.
Ternyata bekal yang dia dapatkan dari PM belum cukupuntuk mengahadapi rintangan yag menghalangi jalannya.Dalam novel ini kisah persahabatan antara Randai dengan alifpun mulai diuji, sepertisaat Randai meremahkannya saat Alif berusaha mendapatkan Ijazah persamaan SMA dan saattes UMPTN. Lalu saat alif merusak komputer Randai secara tidak sengaja, dan di akhir ceritasaat Alif kecewa bahwa Raisa telah bertunangan dengan Randai.Dalam novel ini pun Alif mengetahui bahwa jalan hidupnya bukan menjadi insinyursarjana tekhnik penerbangan seperti Habibie yang selama ini dicita-citakannya. Alif sadarbahwa bakatnya adalah sebagai seorang penulis. Berkat arahan dari Bang Togar yangmendidiknya dengan keras Alif berhasil menuliskan artikelnya sampai media lokal di Bandung.

Novel ini penuh dengan kisah-kisah inspiratif melebihi dari novel yang pertama. Danwalaupun dikemas dengan bahasa yang baku, namun novel ini tetap asik untuk dibaca anak-anak remaja. Dan sebagai cirri khas dari A. Fuadi yaitu selalu menyelipkan kata-kata yanginspiratif mulai dari filosofi Arab sampai Inggris. Bila anda telah membaca novel Negeri 5Menara maka wajib hukumnya bagi anda untuk mengetahui kisah perjalanan Alif selanjutnya.Dan bagi anda yang baru pertamakali mengetahui tentang novel ini maka setelah andamembaca novel ini maka anda akan tergiur untuk membaca novel yang pertama

http://www.scribd.com/doc/48487581/Resensi-Novel-Ranah-3-Warna

cuplikan novel jingga dan senja;jingga dalam elegi

Standar
JINGGA DAN SENJA🙂
Siapa sih yang nggak kenal dengan “ARI” —– pentolan anak SMA Airlangga yang demen banget sama kisruh dan tawuran. Tapi, entah kenapa dibalik kenakalannya, sepertinya ia menyimpan rahasia besar yang hanya ia ketahui. Lantas, siapa sebenarnya Ari ini?
Tawuran antar SMA Airlangga dan SMA Brawijaya memang menjadi suatu hal yang biasa. “Ari dan Angga” —- itulah naman pentolan SMA maing-masing. Namun, tawuran yang sekarang berbeda karena melibatkan “Tari” — cewek penggila warna oranye dari sekolah Ari *SMA Airlangga*.
Dalam tawuran, Ari tak pernah sekalipun melibatkan cewek. Ketika ia melihat Tari di tengah-tengah tawuran, Ari langsung melindunginya. Namun, Angga datang dan membawa Tari dengan paksa yang pada saat itu bersama temannya “Fio”. Angga membawa Tari dan Fio ke SMAnya *SMA Brawijaya*.
Tanpa pikir panjang, Ari mengejar mereka sampai ke SMA Brawijaya. Anak buah Angga mengharuskan Ari untuk sujud didepannya jika Ari mau melihat keadaan Tari dan Fio. Tunduk di depan anak buah musuh merupakan kekalahan yang memalukan. Namun, demi Tari dan Fio, Ari rela melakukan sujud itu! Setelah itu, Ari melihat keadaan Tari dan Fio yang sedang tertawa bercanda dengan Angga. Ari-pun lega melihat keadaan Tari dan Fio yang baik-baik saja.
Fakta baru teruangkap! “Jingga Matahari” dan “Matahari Sejan”— itulah nama panjang Tari dan Ari. Mereka berdua juga sama-sama lahir pada saat senja. Entahlah! Tapi, sebenarnya, adakah keterkaitan persamaan nama Tari dan Ari ini dengan masa lalu mereka? Namun, yang jelas, permusuhan antara Ari dan Angga semakin memanas. Apalagi, semenjak ada Tari, semuanya semakin runyam. Malahan, Tari seakan dijadikan kambing hitam. Apa yang sebenarnya terjadi?
Kemarahan Ari semakin memuncak! Ketika ia mengetahui bahwa Angga telah bertindak lebih banyak daripadanya. Ia semakin gusar! Apalagi ketika Tari degan terang-terangan berkata bahwa lebih memilih Angga daripada Ari. Ari sudah tak bisa menahan kesabaran lagi. Ia lebih memilih menyelesaikan masalah dengan kasar hingga menarik perhatian semua warga sekolah. Untung teman dekat Ari —- “Ridho” dan “Oji” segera menyadarkannya.
Sedikit demi sedikit, pelan tapi pasti. Fakta sebenarnya terungkap satu persatu. Ari adalah anak kembar. “Matahari Jingga atau Ata” — itulah nama kembarannya. Ari dan Ata berlatar belakang keluarga broken home. Ari sebenarnya lebih dekat pada ibunya. Namun, ketika orang tuanya bercerai, Ari mendapat bagian untuk tinggal bersama ayahnya. Hal itulah yang membuat Ari berubah 180 derajat. Ia menjadi anak yang biang keroknya rusuh, dan hal itulah yang membuat pihak sekolah Ari tak pernah memberi hukuman pada Ari.
Kabar gembira! “Anggita” — adik kelas Ari dan sepupu Angga membuat Angga menyerah! Keberadaan Gita membantu Ari dalam hal permusuhannya dengan Angga.
“Jauhi Tari kalo lo mau sepupu lo si Gita selamat!” Ancam Ari pada Angga.
Hal tersebut membuat Angga dengan terpaksa menjauhi Tari. Ancaman Ari semakin membabi buta.
“Kalo lo ga mau jadian sama gue, gue bakal gangguin loe tanpa henti.” Ancaman Ari pada Tari
Tapi, Tari tak goyah! Ia tetap keukeuh pada pendiriannya! Ia tak mau menjadi cewek Ari.
Gangguan Ari pada Tari semakin menjadi-jadi. Yang paling parah, Ari menghapus nomor hp Ata pada hp Tari. Tari menangis! Namun, benarkah tangisan itu hanya karena Ari mengahpus nomor hp Ata. Ataukah ada hubungannya dengan Angga yang notabenenya telah mengundurkan diri dari kehidupan Tari? Entahlah….
Masalah semakin runyam! Kini, Tari dan Ari malah bermusuhan. Mereka berdua bersikap kasar satu sama lain.
JINGGA DALAM ELEGI🙂
sinopsis
Sejak peristiwa pagi hari saat melihat mata Tari bengkak, Ari jadi penasaran. Benarkah itu hanya karena Ari menghapus nomor HP Ata dari HP Tari, ataukah karena Angga? Kalau memang karena Angga yang notabene musuh bebuyutan Ari, Ari ingin tahu apa yang telah dilakukan cowok itu terhadap Tari.
Setelah menemukan a shoulder to cry on pengganti Angga dalam diri Ata, perlahan-lahan Tari mulai melupakan Angga. Sikap Ata yang bertolak belakang dengan Ari membuat Tari nyaman bersama Ata. Ia pun curhat habis-habisan kepada Ata yang lembut, penuh perhatian, baik hati, dan yang baru belakangan Tari sadari berhasil membuat jantungnya berdebar tak keruan. Gangguan dan intimidasi Ari sampai tidak diacuhkannya. Inilah yang membuat Ari makin salah tingkah-kini saingannya bukanlah Angga, melainkan saudara kembarnya sendiri.
Namun, saat Tari merasa telah menemukan pelabuhan hatinya, satu rahasia besar perlahan-lahan terkuak.
Tari merasa… lambat laun Ata semakin mirip Ari….

ISI
ini Kelanjutan Jingga & Senja.
Ari yang melihat mata Tari yang sembab, bertanya tanya apa yang membuatnya menanggis Ata atau Angga. Dengan sadis ari menampakan Cicak -hewan yang paling ditakuti Tari- dengan bantuan 2 sahabatnya, Oji & Ridho. Tapi Ari membantunya & didepan siswa yang lain itu adalah hal yang Romantis -karna yang lihat cicak itu hanya Tari, Ari, Oji & Ridho-. Dengan Ari juga menanyakan apa yang membuatnya menangis, yang tak digubris Tari. Tari menghubungi Ata untuk mencari cara menghindari Ari. Setelah beberapa lama berfikir Tari merasa ide Ata malah membuatnya dekat dengan Ari, Tari pun Marah.

Dengan perjuangan penuh Ata minta maaf. Ketika suatu hari Ata menghubunginya untuk memberitahu Rumah Ari yang berhasil diketahuinya setelah menguntit Ari (yang notabennya gak ada satu org pun tau Rumah Ari, kecuali Ari & Bapaknya). Tari & Ata sengaja melewati Rumah Ari yang misterius. Ternyata rumah itu adalah rumah yang benar2 megah bertaman bunga Matahari & Patung Helios, Dewa Matahari yunani Kuno, yang membuat Tari ternganga nganga. Tari yang penasaran beberapa hari kemudian mengajak ata Lagi melihat Rumah Ari, saat melihat akan Lewat ternyata ari ada diRumah karna motornya terparkir didepan rumahnya, Hal itu membuat
Ata ngebut karna takut Ari melihat. Ata & Tari berjanji tak akan kesitu lagi karna takut ketahuan Ari. Tari & Ata yang semakin dekat membuat Tari tau bagaimana kesedihan Ari ketika orang tuanya berpisah, ketika Kembar itu dipisahkan & Ari yang tinggal sendiri karna ayahnya sibuk Kerja hal itu membuat Tari simpatik dan menganggap Ari adalah Orang yang Baik..
Tari yang menunggu Fio,sahabatnya untuk Hunting Kaset Drama Korea (wew ajak gw aja) tapi yang muncul adalah Ata. Ata juga mengajaknya jalan jalan tapi ditolak karna sudah janjian dengan Fio. Tapi Ata bilang Fio tidak akan datang, Benar aja Karna saat Tari menghubuni Fio melalui Hpnya ia mendapatkan info bahwa kemari Ata sudah Membelikannya Kaset Drama Korea dari yang baru sampai yang Lama agar merelakan Tari hari ini Bersama Ata (Ataaaaaa, gue Juga Mau donk). Dan Fio berpesan agar Tari baik baik & mengikuti keiinginan Ata bak Germo yang menasehati anak asuhnya hahahaha.
Ata & Tari pun jalan2 keliling museum.
Tapi saat mereka makan sore Tari yang tidak makan ditawari Ata dgn menyuap Tari, tapi tiba2 Ari SMS tari & Ata dengan mengancam mereka karna Ari melihat kemesraan mereka. Ata & Tari yang pulang diikuti ari mengenakan Motornya serta Jaket & Helm. Ari menyerempet mobil Ata.
Suatu Hari Ata mengajak Tari mendatangi Rumah Ari untuk menyelesaikan masalah. Ternyata masalah yang Ata katakan adalah pengakuan bahwa Ata adalah ARI. Tari tercengang Hingga tak sanggup bicara bahkan pulangpun ia harus dijemput Fio. Ibu Tari yang mendengar curhat Tari mengatakan bahwa selama ini ia emang curiga Ata adalah Ari (saya juga sejah dinovel Jingga & Senja udah curiga). Tari bahkan menghindari Ari. Ridho yang curiga mengenai sikap Ari & Tari menanyakan ada apa. Ari yang sempat tak mau cerita akhirnya Luluh atas Ketulusan Sahabatnya, Bahkan Ari menceritakan semuanya mengenai ia, orangtuanya, Ata & Tari (baca pas yang ini, keren atas soledaritas Sahabat Ari., Ridho & Ojh.. Suka maupun duka slalu bersama). Ari yang selalu dihindari Tari pergi keBali.
Tari yang tersentuh hatinya akihat siaran TV yg mengisahkan anak yang mengalami apa yang Ari Alami, Luluh & mengeSMS Ari. Esoknya Ari baru sadar karna semalaman ia Mabuk. Pulang ari Langsung kerumah Tari namun hanya mengintai Tari yang sedang santai, hingga ia sadar SMS itu mungkin salah kirim.
Esok hari saat Ari kerumah Tari, tapi karna tari tak ada ia pulang. Ditengah jalan ia melewati kompleks perumahan ketika ia kecil. Hingga datang Tante Lydya sahabat Ibunya. Hingga Ari tau Mamanya tak pernah melupakan Ari, karna Mamanya selalu mencari Ari hingga kadang Ata terabaikan. Tapi karna tak sanggup hidup diJakarta mereka keMalang tempat Nenek Ari, bahkan Ata kerja disana. Ari juga melihat hadiah ulang tahun untuknya dari umur 5 tahun hingga terus (paling mengharukan, bacanya ampe hampir nangis, lebay.com hehehe). Akhirnya Ari, Ata & mamanya benar benar dapat berkomunikasi. Esoknya ia dapat kabar Ata & Mamanya akan datang kejakarta sore harinya.

cuplikan novel surat kecil untuk Tuhan – Agnes Davonar

Standar
Resensi Novel
Judul Buku          : Surat Kecil Untuk Tuhan
Pengarang          : Agnes Davonar
Penerbit              : Inandra Publised, Jakarta
Tahun                   : 2008
Tebal  Novel       : 232 Halaman
Kategori               : True Story (non fiksi)
Andaikan,…..  semua dapat terulang kembali,
Tetapi pernahkah anda berfikiran tentang itu?
Pernahkah anda mengira-ngira apa yang akan terjadi
Jika semuanya dapat terulang kembali?
Dalam novelnya ini, Agnes Davonar menekankan makna sebuah waktu dalam kehidupan di dunia ini.
Kisah nyata gadis berusia 13 tahun bertahan hidup dari kanker ganas paling mematikan di dunia.
Tuhan …………..
Andai aku bisa kembali
Aku tak ingin ada tangisan di dunia ini
Tuhan …………
Andai aku bisa kembali
Aku berharap tidak ada lagi hal yang sama terjadi padaku
Terjadi pada orang lain
Tuhan ……………
Bolehkah aku menulis Surat Kecil Untuk-Mu?
Tuhan …………….
Bolehkah aku memohon satu hal kecil pada-Mu?
Tuhan ………………
Biakanlah aku bisa dapat melihat dengan mataku
Untuk memandang langit dan bulan setiap harinya.

Cuplikan diatas adalah sepenggal bait dari tulisan Gita Sesa Wanda Cantika atau yang sering dipanggil keke. Rabdosmiosarkoma atau kanker jaringan lunak pertama di Indonesia. Keke adalah seorang gadis remaja berusia 13 tahun. Ketika divonis memiliki penyakit kanker mematikan tersebut dalam waktu 5 hari.
Kanker jaringan lunak menggerogoti bagian wajahnya sehingga terlihat seperti monster. Walau dalam keadaan sulit keke terus berjuang untuk tetap bersekolah seperti layaknya gadis normal lainnya.
Perjuangan panjang keke dalam melawan kanker ternyata membuahkan hasil Kebesaran Tuhan membuatnya dapat bersama keluarga serta sahabat yang ia cintai lebih lama. Keberhasilan Dokter Indonesia dalam menyembuhkan kasus kanker pertama kali terjadi di Indonesia ini menjadi prestasi yang membanggakan sekaligus membuat semua dokter dunia bertanya-tanya.

Namun kanker itu kembali setelha pesta kebahagiaan sesaat. Keke sadar nafasnya di dunia semakin sempit. Ia tidak marah pada Tuhan, ia justru bersyukur mendapatkan kesempatan untuk bernafas lebih lama dari lima hari bertahan 3 tahun lamanya, walaupun pada akhirnya ia harus menyerah. Dokterpun akhirnya menyerah terhadap kankernya. Dinafas terakhir itulah ia menuliskan sebuah Surat Kecil Untuk Tuhan.

Surat yang penuh dengan kebesaran hati remaja Indonesia yang berharap tidak ada air mata di dunia ini terjadi padanya, terjadi pada siapapun. Kalimat tersebut ternyata merupakan tema pokok novel ini.

Tokoh Keke merupakan teladan bagi kaum remaja semuanya, Keke adalah tokoh masih muda,tidak putus asa, selalu mensyukuri nikmat dan tidak mengeluh akan semua cobaan yang dihadapinya. Ia selalu berusaha ceria di depan orang-orang terdekatnya walaupun dengan semua cobaan yang dihadapinya.

Dapat dilihat pada bagian V tentang “Hari Indah Itu Telah Datang” pada paragraph ke-3, Aku mensyukuri semua karena ini adalah cobaan Tuhan untukku.
Kesalahan besar bagi seorang teman apabila lebih mementingkan egonya demi kepentingan pribadi, Padahal temannya tersakiti. Seharusnya seorang teman harus mempunyai rasa pengertian dan kebersamaan yang tinggi kepada temannya sendiri.

Agnes Davonar, sebagai pengarang yang berpengalaman mampu menghidupkan jalan cerita dengan urut mulai dari bagian I samapai XI, dan mampu menghidupkan suasana waktu terjadi ketegangan.

Dalam hal ini pengarang sering memasukan pesan-pesan yang disampaikan melalui dialog para tokoh, dialog seperti itu tidak sesuai setting.
Terlepas dari kekurangan yang ada, hadirnya Novel “Surat Kecil Untuk Tuhan” menambah peredaran novel di Indonesia. Novel ini teramat saying untuk kita lewatkan begitu saja, karena novel ini bisa menambah nilai moral remaja Indonesia.

 

http://kroyolor.blogspot.com/2011/09/resensi-novel-surat-kecil-untuk-tuhan.html

cuplikan negeri 5 menara

Standar

Man jadda wajada! “

Berkali-kali, berulang-ulang, sampai tenggorokanku panas dan suara serak. Hingar bingar ini berdesibel tinggi. Telingaku panas dan berdenging-denging sementara wajah kami merah padam memporsir tenaga. Kaca jendela yang tipis sampai bergetar-getar di sebelahku. Bahkan, meja kayuku pun berkilat-kilat basah, kuyup oleh air liur yang ikut berloncatan setiap berteriak lantang.

Tapi kami tahu, mata laki-laki kurus yang energik ini tidak dimuati aura jahat sama sekali. Sebaliknya, dia dengan royal membagi energi positif yang sangat besar dan meletup-letup. Kami tersengat dan menikmatinya. Sumbu kecil kami terpercik api, mulai terbakar, membesar, dan terang! Kami bagai lilin kecil yang baru dinyalakan.

Dengan wajah berseri-seri dan senyum sepuluh centi menyilang di wajahnya, laki-laki ini hilir mudik di antara bangku-bangku murid barunya, mengulang-ulang mantera ajaib ini di depan kami bertiga puluh. Setiap dia berteriak, kami menyalak balik dengan kata yang sama, man jadda wajada. Mantera ajaib berbahasa Arab ini bermakna ringkas tapi tegas:

”Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil”.

Laki-laki ramping ini adalah Ustad Salman, wali kelasku. Rambutnya ikal dipotong pendek, jambangnya dibiarkan agak pajang. Wajahnya lonjong kurus, sebagian besar dikuasai keningnya yang lebar. Alisnya yang tebal datar menaungi sepasang bola matanya yang lincah dan memancarkan sinar kecerdasan. Dagunya ditumbuhi jenggot yang dipangkas rapi. Kaki dan tangannya yang panjang gesit bergerak ke setiap sudut kelas. Sebuah dasi berwarna merah tua terikat rapi di leher kemeja putihnya yang licin. Kedua lengan bajunya lebar dan berkibar-kibar setiap dia melenggangkan tangan dengan cepat. Lipatan celana hitamnya berujung tajam seperti baru saja disetrika. Sepatu hitam bertalinya mempunyai sol tebal dan selalu berdekak-dekak setiap dia berjalan di ubin kelas kami.

Selain kelas kami, ada sekitar puluhan kelas lain yang bernasib sama. Masing-masing dikomandoi seorang kondaktur yang energik. Sang kondaktur menyalakkan “manjadda wajada” dengan penuh otoritas sehingga membuat para subjeknya tergugah dan menjerit kencang. Hampir satu jam non stop, kalimat ini bersahut-sahutan dan bertalu-talu. Koor ini bergelombang seperti guruh di musim hujan, menyesaki udara pagi di sebuah desa terpencil di udik Ponorogo.

Inilah pelajaran hari pertama kami di PM. Kata mutiara sederhana yang sangat kuat yang terus menjadi kompas kehidupan kami kelak.

http://negeri5menara.com/index.php/intipisi/cuplikan-novel/58-cuplikan-5-man-jadda-wajada

Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Standar

Saat ini ada banyak perkembangan ilmu pengetahuan misalnya:

1. Bahan Bakar kendaraan bermotor yang menggunakan kotoran hewan
2. Kompor tenaga Surya
3. dll

1.  Bahan bakar kendaraan bermotor yang menggunakan kotoran hewan :

Di tengah permasalahan pro-kontra rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM, muncul satu hal menarik yang masih terkait dengan isu bahan bakar untuk kendaraan bermotor, yaitu bahan bakar hasil olahan kotoran gajah. Bahan bakar minyak terkenal buruk bagi lingkungan karena besarnya kandungan polusi yang dibawa.
Dengan penggunaan kotoran binatang sebagai pengganti bahan bakar minyak, Greenpeace dan LSM lingkungan lain bisa lebih tenang dalam menghadapi isu pemanasan global. Adalah Kebun Binatang Denver yang terletak di Amerika Serikat yang menjadi inisiator bahan bakar unik ini. Para pekerjanya berhasil mengolah kotoran gajah menjadi bahan bakar untuk becak motor Thailand. Kamu mungkin merasa jijik mendengar kata “kotoran hewan”, apalagi kotoran yang digunakan adalah kotoran dari binatang yang berukuran besar. Namun, kotoran gajah tidak begitu saja dimasukkan ke dalam tangki bensin untuk kemudian dijadikan bahan bakar.
Kotoran gajah ini diolah terlebih dulu sehingga berubah menjadi gas.Gas inilah yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Jadi, pengendara becak motor tersebut tak bakal mengeluh karena bau menyengat kotoran gajah yang menjadi daya penggeraknya. Kebun binatang tersebut berencana untuk mengembangkan ide ini untuk keperluan industri. Mereka berharap bisa menggunakan kotoran hewan-hewan di sana untuk menyuplai 20 persen energy di kebun binatang tersebut.

2. Kompor tenaga Surya
Ada berbagai jenis kompor surya. Semuanya menggunakan panas dari cahaya Matahari untuk memasak makanan.
Beberapa prinsip dasar kompor surya adalah sebagai berikut:

1. Pemusatan cahaya Matahari. Beberapa perangkat, biasanya berupa cermin atau sejenis bahan metal/logam yang memantulkan cahaya, digunakan untuk memusatkan cahaya dan panas Matahari ke arah area memasak yang kecil, membuat energi lebih terkonsentrasi ke satu titik dan menghasilkan panas yang cukup untuk memasak.
2. Mengubah cahaya menjadi panas. Bagian dalam kompor surya dan panci, dari bahan apapun asal yang berwarna hitam, dapat meningkatkan efektivitas pengubahan cahaya menjadi panas. Panci berwarna hitam dapat menyerap hampir semua cahaya Matahari dan mengubahnya menjadi panas, secara mendasar meningkatkan efektivitas kerja kompor surya. Semakin baik kemampuan panci menghantarkan panas, semakin cepat kompor dan oven bekerja.
3. Memerangkap panas. Upaya mengisolasi udara di dalam kompor dari udara di luarnya akan menjadi penting. Penggunaan bahan yang keras dan bening seperti kantong plastik atau tutup panci berbahan kaca memungkinkan cahaya untuk masuk ke dalam panci. Setelah cahaya terserap dan berubah jadi panas, kantong plastik atau tutup berbahan gelas akan memerangkap panas di dalamnya seperti efek rumah kaca. Hal ini memungkinkan kompor untuk mencapai temperatur yang sama ketika hari dingin dan berangin seperti halnya ketika hari cerah dan panas.

Strategi memanaskan suatu barang dengan menggunakan tenaga Matahari menjadi kurang efektif jika hanya menggunakan salah satu prinsip tersebut di atas. Pada umumnya kompor surya menggunakan sedikitnya dua cara atau bahkan ketiga prinsip dasar kompor surya untuk menghasilkan temperatur yang cukup untuk memasak.

Terlepas dari kebutuhan akan adanya cahaya Matahari dan kebutuhan untuk menempatkan kompor surya pada posisi yang tepat sebelum menggunakannya, kompor ini tidak berbeda jauh dengan kompor konvensional. Namun demikian, salah satu kerugiannya adalah karena kompor surya umumnya mematangkan makanan pada saat hari panas, ketika orang-orang cenderung enggan memakan makanan yang panas. Bagaimanapun, penggunaan panci tebal yang lambat menghantarkan panas (seperti panci dari besi tuang/cor) dapat mengurangi kecepatan hilangnya panas dan dengan menggabungkannya dengan penggunaan pengisolasi panas, kompor dapat tetap menghangatkan makanan sampai malam hari.

Penutup kompor biasanya dapat dibuka untuk menempatkan panci ke dalamnya. Kotak kompor umumnya mempunyai satu atau lebih pemantul cahaya dari bahan kertas aluminium atau bahan reflektif lainnya untuk memantulkan lebih banyak cahaya ke bagian dalam kotak. Panci pemasak dan bagian dalam bawah kompor sebaiknya berwarna gelap atau hitam. Dinding bagian dalam kompor harus dapat memantulkan cahaya untuk mengurangi hilangnya panas dan mengarahkan pantulan cahaya ke arah panci dan dasar kompor yang berwarna gelap, yang bersentuhan langsung dengan panci.

Perkembangan Teknologi Informasi

Standar

        Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

        Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi dan teknologi komunikasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat pertukaran pikiran. Perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e- seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.

Teknologi informasi disusun oleh tiga matra utama teknologi yaitu :

1. Teknologi komputer, yang menjadi pendorong utama perkembanganteknologi informasi.
2. Teknologi telekomunikasi, yang menjadi inti proses penyebaraninformasi.
3. Muatan informasi ataucontent informasi, yang menjadi faktorpendorong utama implementasi teknologi informasi.
        Penemuan teknologi komputer sejak awal dimakudkan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia agar lebih efektif dan efisien. Perkembangan komputer ini diikuti dengan lahirnya Internet yang mampu menyebarkan informasi dengan cepat tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Perkembangan teknologi komunikasi juga mengalami kemajuan yang pesat dari mulai ditemukannyatelegr aph (sistem komunikasi digital jarak jauh) pada tahun 1835, telepon pada tahun 1876, sambungan telepon jarak jauh menggunakan satelit pada tahun 1952 hingga telepon seluler digunakan secara luas pada tahun 1985.
Perkembangan muatan informasi diawali dengan berhasilnya Markoni membuat radio, ditemukannya kamera gambar bergerak dan televisi. Mulai tahun 1994 rangkaian kejadian penting dalam perkembangan Teknologi Informasi bermunculan dengan cepat.
Jenis Aplikasi Teknologi Informasi :
       Aplikasi teknologi informasi sangat terkait dengan aplikasi teknologi komputer dan komunikasi data dalam kehidupan. Hampir semua bidang kehidupan saat ini dapat memanfatkan teknologi komputer. Beberapa jenis aplikasi tersebut adalah :
1. Aplikasi di bidang sains.
2. Aplikasi di bidang teknik/rekayasa.
3. Aplikasi di bidang bisnis/ekonomi.
4. Aplikasi di bidang administrasi umum.
5. Aplikasi di bidang perbankan.
6. Aplikasi di bidang pendidikan.
7. Aplikasi di bidang pemerintahan.
8. Aplikasi di bidang kesehatan/kedokteran.
9. Aplikasi di bidang industri/manufaktur.
10. Aplikasi di bidang transportasi.
11. Aplikasi di bidang pertahanan keamanan.
link address: