cuplikan novel jingga dan senja;jingga dalam elegi

Standar
JINGGA DAN SENJA🙂
Siapa sih yang nggak kenal dengan “ARI” —– pentolan anak SMA Airlangga yang demen banget sama kisruh dan tawuran. Tapi, entah kenapa dibalik kenakalannya, sepertinya ia menyimpan rahasia besar yang hanya ia ketahui. Lantas, siapa sebenarnya Ari ini?
Tawuran antar SMA Airlangga dan SMA Brawijaya memang menjadi suatu hal yang biasa. “Ari dan Angga” —- itulah naman pentolan SMA maing-masing. Namun, tawuran yang sekarang berbeda karena melibatkan “Tari” — cewek penggila warna oranye dari sekolah Ari *SMA Airlangga*.
Dalam tawuran, Ari tak pernah sekalipun melibatkan cewek. Ketika ia melihat Tari di tengah-tengah tawuran, Ari langsung melindunginya. Namun, Angga datang dan membawa Tari dengan paksa yang pada saat itu bersama temannya “Fio”. Angga membawa Tari dan Fio ke SMAnya *SMA Brawijaya*.
Tanpa pikir panjang, Ari mengejar mereka sampai ke SMA Brawijaya. Anak buah Angga mengharuskan Ari untuk sujud didepannya jika Ari mau melihat keadaan Tari dan Fio. Tunduk di depan anak buah musuh merupakan kekalahan yang memalukan. Namun, demi Tari dan Fio, Ari rela melakukan sujud itu! Setelah itu, Ari melihat keadaan Tari dan Fio yang sedang tertawa bercanda dengan Angga. Ari-pun lega melihat keadaan Tari dan Fio yang baik-baik saja.
Fakta baru teruangkap! “Jingga Matahari” dan “Matahari Sejan”— itulah nama panjang Tari dan Ari. Mereka berdua juga sama-sama lahir pada saat senja. Entahlah! Tapi, sebenarnya, adakah keterkaitan persamaan nama Tari dan Ari ini dengan masa lalu mereka? Namun, yang jelas, permusuhan antara Ari dan Angga semakin memanas. Apalagi, semenjak ada Tari, semuanya semakin runyam. Malahan, Tari seakan dijadikan kambing hitam. Apa yang sebenarnya terjadi?
Kemarahan Ari semakin memuncak! Ketika ia mengetahui bahwa Angga telah bertindak lebih banyak daripadanya. Ia semakin gusar! Apalagi ketika Tari degan terang-terangan berkata bahwa lebih memilih Angga daripada Ari. Ari sudah tak bisa menahan kesabaran lagi. Ia lebih memilih menyelesaikan masalah dengan kasar hingga menarik perhatian semua warga sekolah. Untung teman dekat Ari —- “Ridho” dan “Oji” segera menyadarkannya.
Sedikit demi sedikit, pelan tapi pasti. Fakta sebenarnya terungkap satu persatu. Ari adalah anak kembar. “Matahari Jingga atau Ata” — itulah nama kembarannya. Ari dan Ata berlatar belakang keluarga broken home. Ari sebenarnya lebih dekat pada ibunya. Namun, ketika orang tuanya bercerai, Ari mendapat bagian untuk tinggal bersama ayahnya. Hal itulah yang membuat Ari berubah 180 derajat. Ia menjadi anak yang biang keroknya rusuh, dan hal itulah yang membuat pihak sekolah Ari tak pernah memberi hukuman pada Ari.
Kabar gembira! “Anggita” — adik kelas Ari dan sepupu Angga membuat Angga menyerah! Keberadaan Gita membantu Ari dalam hal permusuhannya dengan Angga.
“Jauhi Tari kalo lo mau sepupu lo si Gita selamat!” Ancam Ari pada Angga.
Hal tersebut membuat Angga dengan terpaksa menjauhi Tari. Ancaman Ari semakin membabi buta.
“Kalo lo ga mau jadian sama gue, gue bakal gangguin loe tanpa henti.” Ancaman Ari pada Tari
Tapi, Tari tak goyah! Ia tetap keukeuh pada pendiriannya! Ia tak mau menjadi cewek Ari.
Gangguan Ari pada Tari semakin menjadi-jadi. Yang paling parah, Ari menghapus nomor hp Ata pada hp Tari. Tari menangis! Namun, benarkah tangisan itu hanya karena Ari mengahpus nomor hp Ata. Ataukah ada hubungannya dengan Angga yang notabenenya telah mengundurkan diri dari kehidupan Tari? Entahlah….
Masalah semakin runyam! Kini, Tari dan Ari malah bermusuhan. Mereka berdua bersikap kasar satu sama lain.
JINGGA DALAM ELEGI🙂
sinopsis
Sejak peristiwa pagi hari saat melihat mata Tari bengkak, Ari jadi penasaran. Benarkah itu hanya karena Ari menghapus nomor HP Ata dari HP Tari, ataukah karena Angga? Kalau memang karena Angga yang notabene musuh bebuyutan Ari, Ari ingin tahu apa yang telah dilakukan cowok itu terhadap Tari.
Setelah menemukan a shoulder to cry on pengganti Angga dalam diri Ata, perlahan-lahan Tari mulai melupakan Angga. Sikap Ata yang bertolak belakang dengan Ari membuat Tari nyaman bersama Ata. Ia pun curhat habis-habisan kepada Ata yang lembut, penuh perhatian, baik hati, dan yang baru belakangan Tari sadari berhasil membuat jantungnya berdebar tak keruan. Gangguan dan intimidasi Ari sampai tidak diacuhkannya. Inilah yang membuat Ari makin salah tingkah-kini saingannya bukanlah Angga, melainkan saudara kembarnya sendiri.
Namun, saat Tari merasa telah menemukan pelabuhan hatinya, satu rahasia besar perlahan-lahan terkuak.
Tari merasa… lambat laun Ata semakin mirip Ari….

ISI
ini Kelanjutan Jingga & Senja.
Ari yang melihat mata Tari yang sembab, bertanya tanya apa yang membuatnya menanggis Ata atau Angga. Dengan sadis ari menampakan Cicak -hewan yang paling ditakuti Tari- dengan bantuan 2 sahabatnya, Oji & Ridho. Tapi Ari membantunya & didepan siswa yang lain itu adalah hal yang Romantis -karna yang lihat cicak itu hanya Tari, Ari, Oji & Ridho-. Dengan Ari juga menanyakan apa yang membuatnya menangis, yang tak digubris Tari. Tari menghubungi Ata untuk mencari cara menghindari Ari. Setelah beberapa lama berfikir Tari merasa ide Ata malah membuatnya dekat dengan Ari, Tari pun Marah.

Dengan perjuangan penuh Ata minta maaf. Ketika suatu hari Ata menghubunginya untuk memberitahu Rumah Ari yang berhasil diketahuinya setelah menguntit Ari (yang notabennya gak ada satu org pun tau Rumah Ari, kecuali Ari & Bapaknya). Tari & Ata sengaja melewati Rumah Ari yang misterius. Ternyata rumah itu adalah rumah yang benar2 megah bertaman bunga Matahari & Patung Helios, Dewa Matahari yunani Kuno, yang membuat Tari ternganga nganga. Tari yang penasaran beberapa hari kemudian mengajak ata Lagi melihat Rumah Ari, saat melihat akan Lewat ternyata ari ada diRumah karna motornya terparkir didepan rumahnya, Hal itu membuat
Ata ngebut karna takut Ari melihat. Ata & Tari berjanji tak akan kesitu lagi karna takut ketahuan Ari. Tari & Ata yang semakin dekat membuat Tari tau bagaimana kesedihan Ari ketika orang tuanya berpisah, ketika Kembar itu dipisahkan & Ari yang tinggal sendiri karna ayahnya sibuk Kerja hal itu membuat Tari simpatik dan menganggap Ari adalah Orang yang Baik..
Tari yang menunggu Fio,sahabatnya untuk Hunting Kaset Drama Korea (wew ajak gw aja) tapi yang muncul adalah Ata. Ata juga mengajaknya jalan jalan tapi ditolak karna sudah janjian dengan Fio. Tapi Ata bilang Fio tidak akan datang, Benar aja Karna saat Tari menghubuni Fio melalui Hpnya ia mendapatkan info bahwa kemari Ata sudah Membelikannya Kaset Drama Korea dari yang baru sampai yang Lama agar merelakan Tari hari ini Bersama Ata (Ataaaaaa, gue Juga Mau donk). Dan Fio berpesan agar Tari baik baik & mengikuti keiinginan Ata bak Germo yang menasehati anak asuhnya hahahaha.
Ata & Tari pun jalan2 keliling museum.
Tapi saat mereka makan sore Tari yang tidak makan ditawari Ata dgn menyuap Tari, tapi tiba2 Ari SMS tari & Ata dengan mengancam mereka karna Ari melihat kemesraan mereka. Ata & Tari yang pulang diikuti ari mengenakan Motornya serta Jaket & Helm. Ari menyerempet mobil Ata.
Suatu Hari Ata mengajak Tari mendatangi Rumah Ari untuk menyelesaikan masalah. Ternyata masalah yang Ata katakan adalah pengakuan bahwa Ata adalah ARI. Tari tercengang Hingga tak sanggup bicara bahkan pulangpun ia harus dijemput Fio. Ibu Tari yang mendengar curhat Tari mengatakan bahwa selama ini ia emang curiga Ata adalah Ari (saya juga sejah dinovel Jingga & Senja udah curiga). Tari bahkan menghindari Ari. Ridho yang curiga mengenai sikap Ari & Tari menanyakan ada apa. Ari yang sempat tak mau cerita akhirnya Luluh atas Ketulusan Sahabatnya, Bahkan Ari menceritakan semuanya mengenai ia, orangtuanya, Ata & Tari (baca pas yang ini, keren atas soledaritas Sahabat Ari., Ridho & Ojh.. Suka maupun duka slalu bersama). Ari yang selalu dihindari Tari pergi keBali.
Tari yang tersentuh hatinya akihat siaran TV yg mengisahkan anak yang mengalami apa yang Ari Alami, Luluh & mengeSMS Ari. Esoknya Ari baru sadar karna semalaman ia Mabuk. Pulang ari Langsung kerumah Tari namun hanya mengintai Tari yang sedang santai, hingga ia sadar SMS itu mungkin salah kirim.
Esok hari saat Ari kerumah Tari, tapi karna tari tak ada ia pulang. Ditengah jalan ia melewati kompleks perumahan ketika ia kecil. Hingga datang Tante Lydya sahabat Ibunya. Hingga Ari tau Mamanya tak pernah melupakan Ari, karna Mamanya selalu mencari Ari hingga kadang Ata terabaikan. Tapi karna tak sanggup hidup diJakarta mereka keMalang tempat Nenek Ari, bahkan Ata kerja disana. Ari juga melihat hadiah ulang tahun untuknya dari umur 5 tahun hingga terus (paling mengharukan, bacanya ampe hampir nangis, lebay.com hehehe). Akhirnya Ari, Ata & mamanya benar benar dapat berkomunikasi. Esoknya ia dapat kabar Ata & Mamanya akan datang kejakarta sore harinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s